Dampak Positif Dan Negatif Dari Kemasan Botol Plastik

 

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi, saat ini banyak sekali air minum dalam kemasan yang menggunakan botol plastik. Penggunaan suatu botol plastik semakin marak di kalangan masyarakat.

Kelebihan plastik yang tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. Bahan plastik ini sangat tahan lama. kelebihan lain tentang plastik adalah kemudahannya dalam mengubah suatu bentuk. Tidak seperti kaca yang harus ditangani dengan hati-hati.

Maka banyak sekali botol plastik digunakan pada air minum dalam kemasan (AMDK). Karena kelebihannya yang mudah di bentuk dan tidak mudah pecah.

Ada beberapa hal negatif tentang penggunan sebuah plastik, plastik ini tidak bisa mentolerir suhu tinggi dan melepaskan gas berbahaya pada suhu tinggi yang menyebabkan polusi.

Plastik membutuhkan waktu ribuan tahun untuk benar-benar bisa terurai. Ini mengakibatkan dampak buruk pada lingkungan, seperti penyumbatan air yang mengakibatkan banjir dan juga merusak ekosistem lingkungan.

Setiap orang harus berinisiatif untuk mendaur ulang sehingga efek plastik terhadap lingkungan akan berkurang. Jika tidak akan memberikan dampak negatif bagi lingkungan dari penggunaan botol plastik.

Sudah banyak sekali negara yang mengurangi produksi botol plastik terhadap air minum dalam kemasan. Hal tersebut juga dilakukan untuk mengurangi dampak bencana lingkungan yang ditimbulkan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari dampak negatif dari penggunaan plastik, seperti menciptakan plastik ramah lingkungan.

Plastik ramah lingkungan dikenal juga sebagai bioplastic, yaitu jenis plastik yang terbuat dari bahan-bahan yang mudah diurai dan alami. Biasanya, bioplastic dibuat dengan menggunakan gula dari tanaman tebu atau jagung. Kemudian, gula tersebut diubah menjadi asam polilaktat (PLA).

Lalu keunggulannya dari Bioplastic atau plastik ramah lingkungan menjadi salah satu jenis plastik yang lebih mudah terurai dibandingkan plastik biasa.

Selain itu, bahan-bahan alami yang digunakan untuk membuat plastik juga tidak akan mencemari tanah maupun air. Dengan begitu, air akan tetap memiliki kualitas yang baik tanpa kandungan bahan kimia.

Selain itu, bahan alami yang digunakan untuk membuat plastik ramah lingkungan juga tidak akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada penggunanya. Itulah beberapa keunggulan plastik ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik biasa.

Itulah ulasan mengenai sebuah dampak positif dan negatif botol plastik. Semoga bisa bermanfaat dan berguna untuk anda semuanya. Serta bisa menjadi pembelajaran. Sekian dan Terima Kasih.

 

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *