Manfaat Sebenarnya Dari Lampu UltraViolet Pada Air

Lampu ultraviolet merupakan lampu yang menghasilkan sinar UV. Lampu ultraviolet biasa dimanfaatkan sebagai alat desinfektan pada proses penyaringan air, dimana dalam proses penyaringan air sendiri memerlukan proses higienis dan steril demi menjamin mutu dan kualitas air sebagai hasil produksi bebas dari mikroba maupun penyakit jadi aman dikonsumsi. Untuk itu, lampu ini juga sering dimanfaatkan sebagai lampu desinfektan. 

Lampu UV berfungsi untuk membunuh bakteri pada proses pemurnian air minum. Metode sterilisasi menggunakan lampu Ultraviolet pada pengolahan air minum ini sudah terbukti ampuh serta memberikan manfaat baik dan prosesnya pun tergolong sangat mudah. Dimana teknologi UV sendiri sudah banyak dimanfaatkan pada depot pengisian air isi ulang. Lampu ultraviolet sendiri merupakan alat desinfektan yang memiliki berbagai kelebihan, seperti mereduksi bakteri dengan aman dan signifikan dan tidak meninggalkan residu.

Cahaya sinar UV sangat efektif melakukan deaktivasi mikroorganisme, mari kita ketahui apa saja mikroorganisme yang disterilisasi oleh lampu UV Water Sterilizer ini.

  1. Sterilisasi Bakteri (Class IIa)

Lampu UV water sterilizer untuk menghilangkan bakteri sebagai treatment class IIa, sesuai standar AS/NZS 3947 dari pemerintahan Australia dan New Zealand.

Diantara bakteri berbahaya dalam air diantaranya E. coli dan fecal coliform. Air minum yang mengandung bakteri ini menyebabkan sakit diare.

 

  1. Sterilisasi Virus (Class IIb)

Banyak virus yang membahayakan manusia dapat tersebar melalui air minum. Virus yang tersebar di air minum tergantung dari sumber air dan kontak air tersebut. 

Diantara virus tersebut adalah menurut laporan World Health Organization (WHO) termasuk adenovirus, astrovirus, hepatitis A and E virus. Ada juga rotavirus, norovirus dan caliciviruses lainnya, and enteroviruses, termasuk coxsackieviruses dan polioviruses.

Ada juga virus yang dikeluarkan bersamaan urine seperti polyomaviruses dan cytomegalovirus. Biasanya air sungai berpotensi mengandung virus ini.

 

  1. Sterilisasi Protozoa (Class IIc)

Fungsi lampu UV pada air isi ulang berikutnya adalah untuk sterilisasi protozoa. Protozoa adalah salah satu kontaminan berbahaya yang bisa dikandung oleh air yang kita minum.

Terdapat laporan air minum mengandung Cryptosporidium, Giardia, dan amoeba Naegleria fowleri. Organisme ini menyebabkan gejala seperti gastroenteritis akut, kram, sakit perut, dehidrasi, dan diare.

 

  1. Sterilisasi Fungi / Jamur

Manfaat lampu UV water sterilizer untuk menghilangkan fungi sudah dibuktikan dalam studi The fungal spores elimination in drinking water. Studi tersebut merekomendasikan penggunaan UV untuk jamur seperti Aspergillus flavus, Aspergillus niger, Rhizopus nigricans, dan saccharomyces sp.

 

Karakteristik yang sangat baik dari lampu UV Water Sterilizer ini menyebabkan lampu UV memiliki banyak aplikasi. Pada artikel ini, kami merangkum fungsi Lampu UV Water Sterilizer, dari mulai pemurnian air minum hingga sterilisasi air untuk rumah sakit.

 

1. Lampu UV Air Minum Isi Ulang

Mengaplikasikan pada Depot Air minum isi ulang salah satu aplikasi paling populer dari UV Water Sterilizer, lampu UV untuk kebutuhan depot air minum isi ulang. Biasanya, untuk produksi galon minum per hari sebanyak 250 galon, pemilik depot menggunakan kapasitas UV 8 gpm.

Untuk produksi yang lebih banyak per hari, tentu saja menggunakan kapasitas yang lebih tinggi hingga 30 gpm

 

2. Lampu UV Mini / Lampu UV Rumah Tangga

Untuk kebutuhan rumah tangga, Anda bisa menggunakan lampu UV mini, yaitu lampu UV berkapasitas kecil antara 1 hingga 3 GPM. Biasanya penggunaan lampu UV mini ini digunakan bersamaan dengan penggunaan filter karbon, pasir, dan membran reverse osmosis mini (50 gpd).

 

3. Lampu UV Kolam Ikan

Jika Anda memiliki kolam atau tambak ikan, tentu Anda tahu salah satu penyebab terbesar kematian ikan Anda adalah adanya kandungan bakteri, kuman, virus pada air. Mikroorganisme yang menyebabkan penyakit pada ikan, misalnya Flavobacterium psychrophilum

Tentu saja ini menimbulkan banyak kerugian pada petani ikan. Untuk memurnikan air di kolam dan tambak ikan Anda, Anda bisa menggunakan lampu UV Water Sterilizer ini.

 

4. Lampu UV untuk Cooling Tower

Cooling tower (Menara pendingin) dan loop resirkulasi adalah sistem pengeluaran panas. Mereka menggerakan panas menuju atmosfer dengan cara mendinginkan air menuju temperatur yang lebih rendah.

Proses ini berpotensi sebagai sumber masuknya kontaminan dan partikel dari udara dan tidak terlepas juga kontaminan dari air umpan, kondisi yang menyebabkan bertumbuhnya mikroorganisme.

Mikroorganisme biasanya hidup di kondisi resirkulasi air dan di permukaan yang basah. Oleh karena itu, lampu UV water sterilizer bisa diaplikasikan pada cooling tower.

 

5. Filter Air Industri Makanan dan Minuman

Untuk kebutuhan industri makanan dan minuman, kebutuhan sterilisasi air sangatlah penting. Karena air yang digunakan dalam proses industri makanan dan minuman merupakan air untuk konsumsi, air dalam proses memasak dan pemanasan semuanya akan berakibat pada konsumen.

Jika air yang digunakan tidak disterilisasi oleh UV terlebih dahulu, masih ada kemungkinan terkandung bakteri, parasit, dan kuman.

Oleh karena itu, perlu didesain sistem khusus yang menkorporasi keduanya untuk menghasilkan produk konsumsi yang aman, bernutrisi, dan bebas dari kontaminan mikroorganisme.

 

6. Sterilisasi Air Rumah Sakit

Dalam penyediaan air di rumah sakit, baik untuk kebutuhan sanitasi, kebutuhan pencucian alat-alat medis, termasuk dalam menyediakan air minum untuk pasien, lampu UV berfungsi sebagai sterilisasi air hingga terbebas dari 99% kuman, bakteri, dan berbagai mikroorganisme.

 

7. Lampu UV untuk Kolam Renang

Kolam renang adalah salah satu tempat yang paling penting untuk disterilisasi. Karena berbagai jenis bakteri yang menempel pada tubuh pengunjung berkumpul di satu tempat.

Biasanya, sistem sterilisasi air di kolam renang menggunakan bahan kimia klorin. Namun, Anda juga bisa mensterilisasi air menggunakan lampu UV.

Kelebihan menggunakan lampu UV water sterilizer dibandingkan klorin adalah penggunaannya yang mudah, mengurangi konsumsi bahan kimia, membuat air lebih jernih dan menyehatkan, serta ramah lingkungan.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Manfaat Sebenarnya Dari Lampu UltraViolet Pada Air, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *