Memanfaatkan Kemasan Sebagai Media Branding

Mesin packaging merupakan salah satu mesin yang banyak ditemui di kalangan para pengusaha khususnya pengusaha yang bergerak pada industri makanan.Segala sesuatunya didunia ini sepertinya perlu menjaga kondisi barang atau produk terlepas dari barang makanan.Di alam pun sebenarnya sudah ada sistem pengemasan jika kita perhatikan,tuhan menciptakan segala sesuatunya dengan baik.Seperti buah-buahan dengan kulitnya, buah kelapa dengan sabut dan tempurung, jagung dengan klobotnya dan yang lainya.

Zaman dahulu, kemasan produk terbuat dari bambu untuk menyimpan benda cair. Menjelang abad pertengahan, bahan-bahan kemasan bervariasi mulai dari kulit, kain, kayu, batu, keramik dan kaca. Tetapi pada zaman itu, kemasan masih terkesan seadanya dan lebih berfungsi untuk melindungi barang terhadap pengaruh cuaca atau proses alam lainnya. Kemasan juga berfungsi sebagai wadah agar barang mudah dibawa selama dalam perjalanan.

Selama berabad-abad, fungsi sebuah kemasan hanyalah sebatas untuk melindungi barang atau mempermudah barang untuk dibawa. Seiring dengan perkembangan zaman, barulah terjadi penambahan nilai fungsional dan peranan kemasan dalam pemasaran mulai diakui sebagai satu kekuatan utama dalam persaingan pasar.
Fungsi Kemasan

 

Ada beberapa fungsi kemasan yang harus diketahui baik oleh pembuat maupun pengguna kemasan:

  • Kemasan sebagai Media promosi

Secara tidak langsung, sebuah desain kemasan harus dapat “menjual dirinya”, mampu berkomunikasi dengan baik dan menjadi media promosi terselubung bila dipajang di etalase atau pada saat pendistribusiannya.

  • Kemasan sebagai brand image

      Brand Image membuat konsumen atau siapapun yang melihat sepintas suatu kemasan dapat segera mengetahui produk yang dikemasnya. Hal ini dikarenakan adanya suatu ciri unik yang mudah dikenali atau ciri khusus yang sudah melekat di kemasan produk tersebut. Ciri khusus tersebut juga sangat memudahkan konsumen untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk anda.

  • Kemasan sebagai identitas

Cetakan yang tertera di kemasan harus tertulis, terbaca dan terlihat dengan jelas yaitu berupa jenis produk, nama produsen atau pengimpor, isi/berat, ukuran, cara penggunaannya, nutrition fact, nomor pendaftaran (PIRT/MD/ML), label halal, barcode, tanggal kadaluarsa dan lain lain.

  • Kemasan sebagai daya tarik/atraktif

      Diperlukan keahlian dalam memadu padankan peran desain, proses cetak dan finishing. Bentuk, ukuran, warna serta informasi yang dicetak harus dapat menimbulkan daya tarik pada konsumen. Bentuk kemasan juga harus disesuaikan dengan kebutuhan dan mengikuti trend yang sedang berkembang, sehingga tampil beda dari kemasan-kemasan sejenis yang ada. Sehingga membuat produk anda mudah di ingat oleh konsumen.

  • Kemasan sebagai pelindung

Kemasan harus dapat melindungi produk, baik dari pengaruh luar maupun dari dalam, seperti sinar ultraviolet, kelembaban, pengaruh O² (oksigen) serta harus dapat melindungi dari pengaruh handling yang tidak benar. Penggunaan bahan baku yang berkualitas dan handling yang benar merupakan upaya melindungi produk mulai dari saat dikemas, dikonsumsi, hingga saat digunakan oleh konsumen.

  • Kemasan sebagai wadah

Kemasan merupakan wadah bagi produk dan sekaligus dapat berfungsi sebagai alat yang memudahkan produk tersebut untuk dibawa dalam proses pemindahan produk dari produsen sampai ke konsumen atau dari suatu tempat ke tempat lain dalam jumlah berat atau jumlah isi tertentu.

 

Jenis-Jenis Kemasan

Jenis-jenis kemasan yang umum ada dipasaran saat ini adalah:

  • Kemasan Kertas
  • Kemasan Gelas
  • Kemasan Logam (Kaleng)
  • Kemasan Plastik
  • Komposit (Kertas/Plastik)
  • Edible Packaging (kemasan yang bersifat ramah lingkungan karena dapat dimakan)
  • Biodegradable Packaging (kemasan yang mampu didaur ulang secara alami oleh mikroba dalam tanah).

Demikian artikel dari bosspacking tentang Memanfaatkan Kemasan Sebagai Media Branding, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *