Mesin Carton Sealer Dengan Berbagai Jenis Kertas Kardus Kemasan

Ada berbagai macam produk yang bisa diproduksi oleh pabrik dan tentunya sebelum dipasarkan ke pasaran, maka semua produk itu harus dikemas dengan baik sehingga pada saat sampai ke tangan para pembeli produk tersebut sudah dalam keadaan yang baik. Tentunya tidak ada pelanggan yang ingin mendapatkan produk yang dikemas dengan buruk, karena bisa jadi kualitas produk yang ada dalam kemasan juga sudah tidak dalam keadaan baik lagi ketika kemasannya rusak.

Maka dari itu mempertahankan kemasan yang baik bisa membuat semua produk Anda laris terjual. Kemasan menjadi salah satu jaminan yang ingin didapatkan oleh para pelanggan. Untuk itu bagi Anda yang memiliki pabrik yang memproduksi suatu produk maka Anda harus memiliki Mesin Carton Sealer yang berguna untuk menyegel kardus yang digunakan untuk memasarkan produk anda.

Mesin Carton Sealer ini adalah mesin yang digunakan pada pabrik, pada umumnya mesin ini digunakan bukan untuk menyegel kemasan produknya melainkan digunakan untuk menyegel kemasan kardus yang digunakan untuk melindungi produk-produk di dalamnya. Mesin Carton Sealer ini adalah sebuah mesin yang harus dimiliki karena dengan Mesin Carton Sealer ini maka Anda lebih yakin dengan semua produk yang ada dalam kardus bisa tetap dalam keadaan baik sampai ke tangan para pedagang yang hendak memasarkan produk Anda tersebut.

Biasanya Mesin Pengemas kardus ini tidak memiliki banyak jenis. Hanya saja untuk menyegel kardus dengan ukuran yang berbeda maka Anda akan membutuhkan Mesin Carton Sealer yang lebih besar. Namun untuk ukuran kardus standar maka Anda bisa menggunakan Mesin Carton Sealer yang bisa menyegel kardus berukuran 10 x 10 cm sampai yang paling besar adalah kardus ukuran 50 x 50 cm yang biasanya merupakan ukuran kardus yang dipakai untuk mengemas produk-produk makanan atau minuman yang akan dipasarkan. Mesin Pengemas Kardus ini sudah dibuat dengan akurat sehingga kardus dengan berbagai ukuran bisa disegel dengan tepat dan baik.

Mesin Carton Sealer telah banyak digunakan oleh para pengusaha. Seperti industri-industri besar, jasa transportasi ( Pengiriman Barang ), dan usaha lain nya. Pengiriman atau distribusi barang akan lebih lebih cepat, mudah, dan terjamin, jika kardus terpacking dan tersegel dengan rapi dan kuat.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah alat yang dapat menyegel kardus dengan rapi dan kuat, yakni Mesin Segel Kardus.

Karena dengan menggunakan Mesin Segel Kardus, proses penyegelan barang atau produk anda akan semakin mudah, cepat, efektif, dan efisien. Serta dengan hasil segel yang rapi, kuat, dan berkualitas tentu nya.

Selain itu Mesin Carton Sealer dapat digunakan untuk berbagai jenis kertas karton. Ada beberapa jenis kertas yang digunakan untuk membuat kemasan kardus atau karton box. Jenis kertas yang sering dipakai adalah sheet gelombang (corrugated paper), kertas kraft, karton, kertas duplex, dan kertas laminasi.

  1.   Corrugated Paper / Kertas Sheet Gelombang

Corrugated paper atau kertas sheet gelombang banyak dipakai untuk membuat kemasan kardus atau karton box yang berukuran besar dan membutuhkan kekuatan yang baik. Sesuai dengan namanya, corrugated paper dibuat dari bahan kertas khusus dengan desain khusus pula. Jenis dan kualitas kertas yang dipakai ada berbagai macam. Menurut jenis kertasnya, ada dua kelompok bahan corrugated paper yaitu:

  • Kraft

Kertas kraft ada yang berwarna cokelat dan ada yang berwarna putih.Kertas kraft Biasanya dibuat dari campuran pulp (bubur kertas) (±60%) kayu pinus dengan serat memanjang  dan (±40%) kertas daur ulang serta ditambahkan bahan kimia untuk memperoleh sifat khusus pada kertas. Kertas ini bersifat kuat, keras, dan daya serapnya rendah. Kertas kraft juga banyak dipakai untuk membuat kemasan berbentuk kantong, sak, pembungkus, amplop, dan sebagainya.

  • Medium

Kertas medium berwarna abu-abu. Biasanya dibuat dari kertas daur ulang yang ditambahkan bahan kimia tertentu. Oleh karena itu kertas ini tidak sekuat kertas kraft dan bersifat lentur. Daya serapnya juga lebih baik dari kertas kraft, di mana hal ini akan memudahkan proses pengeleman pada saat pembuatan corrugated paper. Kertas medium biasa dipakai di bagian dalam yaitu sebagai kertas gelombang (flute) corrugated paper yang akan memberi kekuatan tumpuk/kelenturan (stacking strength, impact resistance) dan sebagai bantalan untuk meredam goncangan (cushioning, shock absorption).

  1.   Paperboard / Kertas Karton

Kertas karton dibuat dari bubur kertas (pulp) berbahan kayu, kertas daur ulang, atau campuran keduanya. Kertas ini memiliki gramatur lebih dari 200 gsm dan bisa dibuat berlapis sehingga lebih kuat dan kokoh. Umumnya berwarna coklat dengan tekstur yang beragam. Ada yang halus, ada yang bertekstur (kasar), dan pula yang diberi lapisan khusus (laminated paperboard). Kertas karton banyak dipakai untuk membuat dus/box makanan, peralatan ATK, kado/bingkisan, box mainan, box busana, box peralatan elektronik, dan kemasan lain yang berukuran tidak terlalu besar.

  1.   Kertas Duplex

Kertas ini mudah dikenali karena memiliki ciri khusus, yaitu salah satu permukaannya halus berwarna putih dan permukaan lain berwarna abu-abu kasar (Duplex Grey Back), meskipun ada pula kertas duplex yang kedua permukaannya berwarna putih (Duplex White Back). Kertas duplex banyak dipakai untuk kemasan makanan/kue, dus nasi kotak, kemasan obat/kosmetik, kemasan busana, dan kemasan lain yang berukuran kecil dan tidak membutuhkan kekuatan besar.  Meskipun kurang kuat (mudah rusak) dan daya resapnya besar (mudah ditembus cairan), dus berbahan kertas ini sangat populer karena harganya murah, mudah dibentuk, dan mudah dicetak menggunakan mesin cetak offset atau disablon.

  1.   Kertas Laminasi

Sesuai dengan namanya, kertas laminasi memiliki lapisan tambahan sebagai pelindung kertas dari air, minyak, dan kotoran/debu. Laminasi juga memberi kesan elegan dan eksklusif pada kemasan. Ada berbagai macam jenis kertas yang termasuk kategori ini. Contohnya adalah kertas ivory yang lapisan luarnya mengkilap biasa dipakai untuk mengemas produk-produk yang menginginkan kesan istimewa seperti produk kosmetik, obat-obatan, makanan/kue, busana, dan sebagainya.

 Demikian artikel dari bosspacking tentang Mesin Carton Sealer Dengan Berbagai Jenis Kertas Kardus Kemasan, Apapun bahan kertas yang dipakai untuk kemasan karton box, pastikan sesuai dengan tujuan, desain, dan jenis produk yang akan Anda kemas. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *