Pahami Kualitas Air Minum yang Layak untuk Dikonsumsi !! Jernih Bukan Jaminan !!

 

 

 

Air mineral memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya membantu memaksimalkan performa tubuh sehingga tidak mudah lelah dan juga menjaga suhu tubuh. Air juga dapat menjaga mood agar tetap baik dan fungsi otak dapat berjalan dengan baik sehingga konsentrasi terjaga.

Syarat utama dari air minum kemasan yang sudah layak dan aman untuk di konsumsi dapat diketahui secara fisik, yaitu Tidak berbau, Tidak berwarna, dan Tidak berasa.

Air minum yang jernih pun belum tentu bersih dan layak untuk dikonsumsi? apalagi air yang kotor dan berbau menyengat hampir dipastikan sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Air minum seperti apa yang sebenarnya layak untuk dikonsumsi? Menurut Kementrian Kesehatan, ada beberapa syarat air minum yang layak dikonsumsi yakni tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya, dan tidak mengandung logam berat.

Sejatinya, air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

Sebagian besar air minum dalam kemasan sudah melewati berbagai proses, seperti perizinan dan sudah diatur dalam undang-undang yang berlaku untuk memastikan keamanan air minum bagi kesehatan.

Kualitas air minum dalam kemasan dipastikan melalui inspeksi sanitasi, pengambilan sampel air, pengujian kualitas air, dan analisis hasil pemeriksaan laboratorium selalu diawasi.

Adapun lima permasalahan yang sering terjadi pada sumber air minum di masyarakat.

– Pertama adalah cakupan layanan air minum perpipaan yang masih rendah.

– Kedua, kelangkaan air baku untuk air bersih perpipaan.

– ketiga pencemaran sumber air baku oleh kontaminan.

– Keempat ekstraksi air tanah dalam berlebihan

-Kelima potensi pencemaran pada air minum kemasan.

Untuk mencegah terjadinya permasalahan tersebut, fungsi pengawasan sangatlah penting dalam menciptakan air minum layak konsumsi dan terstandarisasi. Tanpa pengawasan yang ketat, maka standar kualitas air minum kemasan yang aman untuk kesehatan takkan bisa dipenuhi.

Masyarakat banyak yang tidak memahami dampak buruk dari kualitas air minum yang buruk dan juga mengandung bakteri berbahaya. Bakteri-bakteri ini bisa menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit. Mulai dari diare, muntaber, kolera, disentri, tifoid, bahkan polio.

Air minum dalam kemasan diproses dalam beberapa tahap baik menggunakan proses pemurnian air (Reverse Osmosis / Tanpa Mineral) maupun proses biasa Water treatment processing (Mineral), dimana sumber air yang digunakan untuk Air kemasan mineral berasal dari mata air pengunungan, Untuk Air kemasan Non mineral biasanya dapat juga digunakan dengan sumber mata air tanah / mata air pengunungan.

Air minum dalam kemasan (AMDK)  harus memenuhi standar nasional (SNI dengan kode SNI No.01-3553-1996 tentang standar baku mutu air dalam kemasan, serta MD yang dikeluarkan oleh BPOM RI yang merupakan standar baku kimia, fisika, mikrobiologis. Serta banyak lagi persyaratan yang harus dipenuhi agar AMDK itu layak dikonsumsi dan aman bagi kesehatan manusia.

maka lebih cermat dalam memilih kualitas air minum untuk dikonsumsi, mulai dari sumber air yang terlindungi, memenuhi standarisasi dan juga memiliki sertifikasi dari badan regulasi.

 

Demikian artikel dari bosspacking tentang Pahami Kualitas Air Minum yang Layak untuk Dikonsumsi !! Jernih Bukan Jaminan !!
, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *