Trik Produsen Air Mineral kemasan Kecilkan Berat Kemasan demi Kurangi Limbah Plastik

Demi mencukupi kebutuhan cairan tubuh, kita sangat disarankan untuk mengonsumsi air putih. Hal itu berguna untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

Air mineral dalam kemasan dapat menjadi sebuah solusi, karena air mineral dalam kemasan merupakan jenis air minum yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Air mineral memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar memaksimalkan performa tubuh sehingga tidak mudah lelah saat beraktifitas. Air mineral juga dapat menjaga mood agar tetap baik dan konsentrasi tetap terjaga.

Namun, belakangan ini banyak pemberitaan mengenai bahaya dari sampah plastik dalam mencemari lingkungan. maka produsen air mineral dalam kemasan berupaya untuk meminimalisir penggunaan plastik.

Produsen air minum dalam kemasan dalam proses untuk mengurangi pemakaian plastik. Produsen melakukan inovasi dengan cara mengecilkan berat kemasan untuk mendukung dalam menjaga kelestarian lingkungan. Upaya mengurangi penggunaan plastik hingga 20 persen dari berat total kemasan. merupakan langkah yang bisa dilakukan saat ini.

Inovasi tersebut merupakan langkah untuk mendorong proses pengurangan pemakaian plastik termasuk mengecilkan limbah dari plastik. Upaya itu juga dilakukan sebagai kontribusi penanggulangan masalah sampah di Indonesia terutama mengurangi sampah plastik di laut sebanyak 70 persen tahun 2025.

BPOM telah menetapkan Peraturan Nomor 20 Tahun 2019 tentang Kemasan Pangan. Peraturan ini mengatur persyaratan keamanan kemasan pangan termasuk batas maksimal migrasi BPA maksimal 0,6 bpj (600 mikrogram/kg) dari kemasan berbahan polikarbonat (PC).

Proses pengurangan pemakaian plastik dapat dilakukan dalam proses pembuatan kemasannya, pembuatan kemasan biasanya menggunakan mesin blow moulding. Mesin blow moulding sendiri banyak digunakan pada pembuatan beragam bentuk plastik seperti kemasan galon, kemasan botol air mineral, dan bahkan kemasan botol shampo yang mengharuskan proses dilakukan secara cepat.

Blow moulding merupakan proses penggembungan material thermoplastik menjadi bentuk berongga (hollow) atau mengikuti arah aliran parison dalam kondisi panas (suhu leleh material) berada didalam cetakan (mold) yang tertutup, sehingga pada akhir proses penggembungan dibantu dengan fluida tekan (gas) akan terbentuk profil material thermoplastik yang sesuai dengan cetakan (mold) yang dihasilkan.

Mesin blow moulding mempunyai 3 jenis proses. Yaitu :

1. Stretch Blow Mold

Stretch Blow Mold adalah proses pembentukan plastik dengan cara direntangkan (stretch) sampai tercapai ukuran yang diinginkan dengan mempertimbangkan ketebalan bakalan plastik. Proses ini banyak digunakan untuk plastik dengan jenis PET dan juga PC, tediri dari komponen Injeksi, Stretcher dan blow

2. Extrusion Blow Mold

Proses Extrusion Blow Mold menggunakan Extruder dan blow, proses ini merupakan metode paling sederhana dalam proses blow mould. Prinsip ini bisa digunakan untuk produk yang bervariasi dari ukuran dan bentuk. Jenis plastik yang biasa digunakan dalam proses ini adalah HDPE, PVC, PP, PC, dan PETG

3. Injection blow Mold

Injection blow Mold merupakan proses pembentukan produk berbahan plastik dengan cara diinjeksikan terlebih dahulu kemudian plastik akan di blow (tiup). Secara umum, mesin ini digunakan untuk kontainer dengan ukuran yang relatif kecil. Biasanya digunakan untuk proses produksi botol yang terdapat bentukan ulir pada bagian lehernya.

Selain itu, produsen juga membangun unit bisnis daur ulang atau recycling business unit (RBU) di Indonesia, sampah plastik kemudian didaur ulang menjadi kebutuhan lain. Seperti ember dan perabot rumah tangga lainnya.

 

Demikianlah trik produsen berinovasi untuk mengurangi jumlah penggunaan plastik, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *