Waspada Terhadap Kasus Pemalsuan Air Minum dalam Kemasan

 

Terjadinya kasus yang cukup ramai dibicarakan di India, pemalsuan air dalam kemasan botol. modus penipuan ini rupanya masih sering terjadi di India. Karena di India sering mengalami krisis air bersih, sehingga harga air minum menjadi sangat mahal.

Kasus semacam ini tak hanya terjadi di India, tapi juga terjadi di Indonesia. Bisnis ini bahkan menelan korban. Pada 2015, misalkan, air botolan palsu mengakibatkan seorang korban masuk rumah sakit karena mengalami diare akut.

Tentunya minum air mineral dengan kemasan palsu berdampak bagi kesehatan. Biasanya para oknum akan menjual air mineral kemasan lewat botol-botol atau galon bekas yang dicuci bersih dan diisi kembali dengan air mentah. Banyak pihak mencoba memalsukan pelopor Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) di Indonesia ini.

Bisnis air kemasan palsu ini punya modus nyaris serupa seperti di India, botol bekas diisi air yang bersumber dari tempat-tempat berbahaya, seperti sumur, sungai, bahkan air got. Tak hanya itu, pelaku bisnis air kemasan palsu memasukkan bahan kimia seperti borak dan tawas agar air terlihat jernih.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyarankan agar konsumen berhati-hati terhadap air kemasan palsu. Apalagi penjual curang ini sudah tahu cara untuk membuat botol dan segel tutup botol agar terlihat seperti baru.

Sebagai konsumen tetap harus kritis, croscek kembali setiap membeli produk makanan dan minuman, dengan cara membaca label dan segel pada kemasan.

Pemalsuan air minum kemasan sesungguhnya bisa dicegah. Salah satu tindakan pencegahan pemalsuan air mineral dengan menggunakan teknologi mineral protection system dan menambahkan seal cap pada kemasan.

Teknologi mineral protection system yang dapat melindungi kandungan mineral tetap utuh sampai ke tangan konsumen, ditandai dengan kemasan botol yang keras sebelum dibuka. Selain itu, kemasan juga dilindungi dengan seal cap pada bagian tutup botol agar kemasannya lebih terproteksi dan lebih aman dari kontaminasi udara luar serta pemalsuan.

Memastikan produk air minum kemasan asli dan mengandung mineral alami menjadi hal penting belakangan ini. Pandemi membuat kita harus lebih mawas diri perkara kebersihan dan higienitas, dan meminum air mineral yang terjamin keaslian produknya bisa menjagamu tetap sehat.

Kemasan sendiri merupakan hal penting untuk menjaga kualitas dari produk. Apalagi jika produk Anda melalui proses pengiriman ke distributor dengan jarak yang jauh. Tentu saja pengemasan yang tahan lama akan diprioritaskan.

Berbicara tentang sebuah kemasan, penggunaan alat sealer mungkin lebih akrab di telinga Anda. Namun, tidak hanya alat sealer, Anda juga bisa memanfaatkan jenis kemasan lainnya, seperti mesin shrink ini. Apa saja manfaat menggunakan mesin shrink?

Menjaga keamanan fisik produk

Mesin shrink menghasilkan produk yang dikemas secara profesional. Produk yang dikemas menggunakan mesin shrink terhindar dari gesekan antarproduk.

Meminimalisir debu masuk

Plastik pembungkus yang dikemas dengan mesin shrink ini memiliki perbedaan. Plastik shrink memiliki sifat elastis yang dapat merekatkan ke seluruh permukaan produk menjadi lebih kuat, sehingga tidak ada celah untuk debu masuk ke produk.

Meningkatkan nilai jual

Mesin Shrink memudahkan proses pendistribusian ke berbagai agen. Membungkus dengan plastik shrink dinilai lebih rapi dan mudah disusun setelah dipisahkan dari tumpukkan kardus.

Dengan kerapian kemasan tersebut, tidak hanya distributor, tetapi konsumen pun merasa puas dengan packaging produk yang akan dibeli.

Jika Anda tertarik untuk mengemas dan menjaga produk lebih berkualitas, dapat membeli mesin shrink di sini. Kami menyediakan berbagai jenis mesin shrink untuk kebutuhan bisnis UKM hingga perusahaan industri besar. Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *