6 Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih, Jangan Sampai Terlewatkan


Anda mungkin sering mendengar anjuran untuk minum air putih delapan gelas dalam sehari. Namun anjuran ini belum tentu berlaku untuk semua orang. Bisa jadi Anda membutuhkan air putih kurang atau melebihi rekomendasi ini.

Berapapun jumlah air yang harus diminum, pada intinya adalah kita harus memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Sebab, jika kebutuhan cairan tidak tercukupi akan membuat tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan air yang dapat mengganggu kesehatan tubuh kita.

Banyaknya manfaat minum air putih yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh, antara lain :

1. Memperlancar sistem pencernaan

Dengan asupan air putih yang cukup dapat membantu sistem pencernaan dalam bekerja, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga. Air melarutkan mineral, vitamin, glukosa dan zat gizi lainnya agar zat gizi terseut dapat dihantarkan ke setiap sel, sehingga sel dapat berfungsi dengan baik.

2. Mempercepat proses metabolisme

Air putih bisa jadi salah satu komponen yang dapat mempercepat proses metabolisme tubuh. Proses metabolisme yang konstan, akan begitu membantu dalam penurunan berat badan. Hal ini akan jadi begitu bermanfaat bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga karena disibukkan dengan rutinitas.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Konsumsi air putih bagi tubuh dapat menyebabkan hal positif karena air dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan cairan yang ada pada tubuh. Cairan-cairan ini dapat membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat sehingga dapat mencegahnya tubuh dari serangan sumber penyakit seperti bakteri, kuman dan lainnya.

4. Memelihara fungsi ginjal

Saat cairan dalam tubuh tercukupi, membuat urine yang normal akan mengalir bebas, berwarna jernih, dan bebas bau. Ketika cairan tubuh tidak tercukupi, mengakibatkan konsentrasi urine, berwarna kuning, dan memiliki bau lebih menyengat. karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya.
Hal ini yang meningkatkan risiko terkena batu ginjal.

5. Menjaga kesehatan kulit

Sebanyak 60 persen jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk sel-sel kulit. Oleh karena itu, jika Anda kurang minum air putih, proses fisiologis tubuh akan terganggu, termasuk sel-sel kulit. Kulit yang mengalami dehidrasi akan terlihat kering dan kusam.

Minumlah air putih yang cukup untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Selain itu, pemilihan waktu juga harus dilakukan agar dapat memaksimalkan efektivitas untuk tubuh dengan baik.

Berikut adalah 6 waktu disarankan untuk minum air putih.

1. Minum satu atau dua gelas di pagi hari setelah bangun tidur

Ketika bangun tidur, tubuh kita mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Pada saat bangun tidur, kita disarankan untuk minum agar cairan tubuh terisi kembali.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan bila Anda minum air putih setelah bangun tidur. Minum air putih saat perut kosong bisa meningkatkan laju metabolisme sebanyak 24 persen. Kinerja tubuh untuk melakukan proses mencerna makanan dan membuang racun dari dalam tubuh pun akan lebih mudah.

2. Minum satu gelas air setengah jam sebelum makan

Minum segelas air putih sebelum makan tak hanya dapat membantu Anda merasa kenyang lebih cepat, tapi juga membantu Anda dalam mengendalikan porsi makan.

Pernah dibuktikan dalam penelitian kecil yang terbit di jurnal Clinical Nutrition Research tahun 2018. Terlihat bahwa peserta non-obesitas yang minum air makan lebih sedikit dan merasa sama kenyangnya dengan peserta yang tidak minum air sebelumnya.

3. Minum satu gelas ketika merasa lelah

Cairan dalam tubuh akan berkurang terus-menerus melalui urine, keringat, dan pernapasan. Ketika Anda kekurangan cairan, maka Anda mungkin akan merasa lebih cepat lelah dan lemah dari biasanya.

Kekurangan konsumsi air tidak hanya dapat menyebabkan kelelahan, tapi juga dapat menyebabkan kabut otak, kehilangan fokus, ingatan, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, stres, dan banyak lagi.

Maka dari itu, ketika tubuh mulai lelah, segera minum air yang cukup agar membantu Anda mengembalikan energi dalam tubuh.

4. Minum lebih banyak sebelum dan setelah berolahraga

Saat Anda sedang berolahraga, suhu tubuh Anda meningkat. Untuk mengembalikannya pada suhu optimal, tubuh pun mengeluarkan keringat.

Keringat yang keluar saat berolahraga, membuat jumlah cairan dalam tubuh berkurang. Jadi, Anda perlu minum air setelah berolahraga untuk menggantikan cairan yang hilang.

Sedangkan, minum air putih sebelum berolahraga akan membantu tubuh agar tetap terhidrasi dan mencegah penurunan kinerja otak, kekuatan, serta kapasitas aerobik dan anaerobik.

5. Minum air sebelum tidur
Minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh menjadi rileks akibat aktivitas sepanjang hari.

Minum air hangat saat sebelum tidur akan membuat tubuh terhidrasi sepanjang malam dan membantu tubuh untuk membuang racun yang tidak diinginkan.

Meski demikian, Anda sebaiknya tidak minum air putih terlalu banyak di waktu ini, hal ini akan membuat Anda terbangun di tengah malam dan ingin membuang air kecil.

6. Minum lebih banyak ketika sakit

Saat Anda sakit demam, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak keringat. Begitu juga bila Anda mengalami masalah pencernaan dengan gejala muntah-muntah atau bolak-balik BAB, cairan tubuh pun semakin banyak yang menghilang.

Pastikan untuk minum air lebih banyak saat sedang sakit. Sebab ketika tubuh mengalami dehidrasi malah bisa memperburuk gejala sakit yang Anda alami.

Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *