Banyaknya Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur

Air merupakan faktor penting untuk menjaga kelangsungan hidup manusia.Karena tubuh manusia terdiri dari 70% air. Dengan begitu para ahli gizi seringkali menekankan kebutuhan tubuh untuk terhidrasi setiap saat. Sebab air melakukan banyak pekerjaan penting dalam fungsi tubuh seperti membuang bakteri keluar dari kandung kemih, membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel, mencegah sembelit, mempertahankan elektrolit (natrium) keseimbangan, serta yang lainnya.  

Minum air putih merupakan kebutuhan harian yang harus dipenuhi. Hal ini karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari air. Manfaat minum air putih tentu banyak dan sangat menyehatkan tubuh jika dikonsumsi secara tepat. Jumlah air yang dianjurkan untuk diminum dalam sehari adalah 8 gelas sehari. Berikut adalah manfaat minum air putih yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Minum Air Putih Secara Teratur

Dengan minum air putih secara teratur, tentu dapat membersihkan bagian dalam organ tubuh kita. Selain itu masih banyak manfaat lainnya jika kamu banyak minum air putih. Berikut manfaat banyak minum air putih yang harus kamu tahu.

  1. Membantu proses mengeluarkan toksin dalam tubuh

Manfaat minum air putih dapat membantu mengeluarkan toksin-toksin yang ada pada tubuh. Air putih adalah penolong untuk mengeluarkan toksin tersebut serta membuang zat yang beresiko buruk bagi kesehatan melalui keringat.

Selain melalui keringat, manfaat minum air putih juga membantu memperlancar pembuangan toksin melalui urin. Hal ini menjadikan tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

  1. Meningkatkan kinerja otak 

Salah satu manfaat minum air putih yang sangat penting bagi tubuh adalah mampu meningkatkan kinerja otak. Seperti yang diketahui bahwa otak manusia terbuat dari 73% air. Banyak mengonsumsi air putih akan memberikan manfaat besar pada otak. Manfaat minum air putih bagi otak akan membuatmu menjadi lebih fokus, mudah berpikir, berkonsentrasi dan tetap dalam keadaan terjaga atau waspada.

  1. Meningkatkan mood menjadi positif

Manfaat minum air putih juga bisa untuk meningkatkan mood seseorang. Dehidrasi akan mempengaruhi mood dan suasana hati seseorang menjadi turun dan tak bersemangat. Dengan asupan cairan yang cukup, maka mood akan kembali positif.

  1. Meningkatkan dan memperkuat sistem imun pada tubuh

Manfaat minum air putih yang penting bagi tubuh lainnya dalam membantu meningkatkan sistem imun. Imun yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh akan menjadi sehat. Mengkonsumsi air putih secara teratur maka sistem kekebalan menjadi lebih kuat.

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Manfaat minum air putih selanjutnya adalah untuk menjaga kelembaban kulit. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur akan memberikan efek pada kulitmu. Kulitmu tidak akan terlihat kering dan mudah berkerut. 

  1. Menjaga tubuh dari dehidrasi

Dehidrasi dapat membuat sakit kepala. Menurut European Journal of Neurology, mengkonsumsi air putih yang cukup akan meredakan dehidrasi sehingga dapat mengurangi rasa sakit pada kepala karena dehidrasi.

Selain Anda minum air putih secara teratur untuk setiap harinya, kami juga merangkum dari berbagai sumber tentang apa saja manfaat minum air putih secara teratur pada saat sebelum dan setelah bangun tidur.

Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

manfaat minum air putih dapat dirasakan ketika sebelum tidur. Berikut adalah manfaat minum air putih sebelum tidur yang harus kamu ketahui.

  1. Melindungi tubuh dari dehidrasi dan memperlancar detoksifikasi

Minum air putih secara teratur pada waktu sebelum tidur bisa melindungi tubuh dari dehidrasi. Saat kita minum air putih, tubuh akan menggunakan air tersebut untuk proses hidrasi pada tubuh kita. Tak hanya itu saja, minum segelas air saat tidur bisa membersihkan sistem pencernaan dan kandung kemih sehingga membilas racun dan membersihkan urin.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat lain minum air putih hangat sebelum tidur, bisa sangat efektif dalam menurunkan berat badan. Minum segelas air sebelum tidur dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan. Asupan air pada malam hari meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga membakar kalori ekstra dari dalam.

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Ketika kamu bangun tidur, biasakan untuk minum air putih karena banyak manfaat yang dapat kamu peroleh ketika kamu minum air putih setelah bangun tidur. Berikut adalah manfaat minum air putih setelah bangun tidur.

  1. Mengeluarkan racun dari tubuh

Manfaat minum air putih setelah bangun tidur dapat menjaga usus kecil dari dehidrasi. Saat keseimbangan air dalam tubuh seimbang, maka sistem pencernaan akan semakin baik. 

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Manfaat minum air putih merupakan kunci utama untuk mengeluarkan zat kotor bersamaan dengan urine yang dapat menyebabkan batu ginjal. Memulai dengan segelas air di pagi hari setelah bangun dari tidur akan membuat usaha kamu mencukupi kebutuhan air dalam sehari jadi lebih mudah.

  1. Mencegah gangguan pencernaan

Ketika kamu mengkonsumsi segelas air di pagi hari dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang bekerja saat tidur. Asam ini dapat mengganggu pencernaan jika tidak rutin dibersihkan.

  1. Mengubah metabolisme tubuh

Minum air satu gelas saat perut kosong dapat membuat pencernaan lebih efisien untuk memulai harimu. meminum segelas air dapat meningkatkan metabolisme tubuh hingga sebesar 30%.

  1. Menjadi kebiasaan baik

Dengan membiasakan minum segelas air di pagi hari, kamu bisa memiliki kebiasaan yang lebih baik setiap harinya.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Banyaknya Manfaat Minum Air Putih Sebelum dan Setelah Tidur, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *