Kenali Kondisi Tubuhmu Sebelum Mengalami Dehidrasi Parah

Air merupakan faktor penting untuk menjaga kelangsungan hidup manusia.Karena tubuh manusia terdiri dari 70% air. Dengan begitu para ahli gizi seringkali menekankan kebutuhan tubuh untuk terhidrasi setiap saat. Sebab air melakukan banyak pekerjaan penting dalam fungsi tubuh seperti membuang bakteri keluar dari kandung kemih, membantu pencernaan, membawa nutrisi dan oksigen ke sel, mencegah sembelit, mempertahankan elektrolit (natrium) keseimbangan, serta yang lainnya.  

Peran air putih sangat penting bagi manusia. Begitu pentingnya manfaat air putih takkan bisa digantikan oleh apapun, bahkan oleh obat-obatan modern sekalipun. Meskipun demikian, terlalu banyak dari kita tidak minum cukup air setiap harinya. Seperti yang diketahui, kurang air dapat menyebabkan turunnya konsentrasi dan tidak baik untuk kesehatan. Mari kita kenali lebih dalam tanda – tandanya ketika mengalami kekurangan asupan air, apakah Anda sudah minum cukup air atau belum.

  1. Warna Urine Menjadi Kuning 

Pada kondisi normal manusia akan melakukan buang air kecil sebanyak 4-7 kali dalam setiap harinya, jika Anda tidak melakukan perjalanan ke kamar kecil 4-7 kali sehari, Anda mungkin tidak minum cukup air.  Jika warna air kencing Anda gelap kuning, tubuh Anda memberitahu Anda bahwa kondisi tubuh anda kurang hidrasi.

  1. Anda merasa cepat lelah dan lesu

kekurangan air bisa menyebabkan kantuk dan kelelahan secara langsung. Yang bisa membuat Anda merasa lelah dan lesu sepanjang hari.

  1. Mulut Anda Terasa kering 

Air minum melumasi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang akan terus membuat mulut Anda basah dengan air liur setelah dalam tegukan pertama. Jadi, jika Anda merasa mulut Anda kering, berarti Anda kurang minum.

  1. Anda merasa terlalu haus 

Meskipun Anda merasa mulut Anda sudah tidak kering, tetapi Anda tetap merasa haus, itu tandanya Anda harus minum kembali. Bukannya apa, tubuh Anda akan memberitahu Anda apa yang dia butuhkan.

  1.   Kulit Anda Terasa kering 

Kulit merupakan organ terbesar tubuh Anda, jadi tentu saja perlu untuk tetap terhidrasi. Bahkan, kulit kering menjadi salah satu tanda-tanda awal dehidrasi penuh yang dapat menyebabkan masalah yang jauh lebih besar.

Kurangnya air berarti kurangnya keringat, yang menyebabkan tubuh tidak mampu untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terakumulasi sepanjang hari. Jika Anda ingin mencegah jerawat, jalan pertama Anda harus minum lebih banyak air.

  1. Mata Anda kering

Selain menyebabkan kulit menjadi kering, air minum juga mempengaruhi lebih dari sekedar mulut dan tenggorokan. Kurangnya asupan air menyebabkan kering, mata merah. Tanpa air dalam tubuh, saluran air mata Anda mengering.

  1. Merasakan Sakit tulang

Tulang rawan dan tulang belakang cakram terdiri dari sekitar 80 persen air. Ini merupakan kebutuhan mutlak untuk menjaga tulang  dari bergesekan satu sama lain dengan setiap langkah yang kita ambil. Dengan menjaga tubuh Anda dehidrasi, Anda memastikan bahwa sendi Anda dapat menyerap kejutan dari gerakan tiba-tiba, seperti berlari, melompat, atau terjatuh.

  1. Mengganggu Pencernaan

Hal ini juga berlaku untuk sistem pencernaan. Tanpa hidrasi yang tepat, dapat mengurangi jumlah dan kekuatan lendir di lambung, memungkinkan asam lambung untuk melakukan beberapa kerusakan besar untuk perut Anda. Hal ini menyebabkan apa yang sering kita sebut sebagai mulas dan gangguan pencernaan.

Sebagian besar orang kesulitan untuk bisa memenuhi kebutuhan air yang sesuai dengan porsi tubuh mereka. Alhasil, banyak reaksi dari tubuh yang tidak dapat berfungsi secara maksimal.

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa ditempuh supaya semangat untuk minum dalam setiap harinya.

  • Gunakan Aplikasi Pengingat Minum

Kemajuan teknologi yang mempermudah penggunanya perlu juga nih kamu manfaatkan buat membantu mengingatkan kamu untuk minum. Kamu bisa menggunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi ponselmu.

Contohnya aplikasi semacam Daily Water yang dapat mengingatkan kapan dan seberapa banyak yang harus kita minum. Selanjutnya tinggal kamu laksanakan deh. 

  • Selalu mengisi botol minum dan meletakkannya di dekatmu

mengisi air minum pada botol dan selalu kamu bawa kemanapun kamu pergi adalah cara paling mudah. Yang terpenting adalah kamu gak perlu repot mengambil air minum dan cairan tubuhmu tetap tercukupi.

  • Tulislah jadwal minum pada botol

Kamu bisa menuliskan jadwal minum pada botol dengan spidol waterproof atau bahkan stiker lho. Selain menarik buat kamu juga akan membantu kamu untuk mengingat kapan harus minum. Sesuaikan juga berapa banyak air yang harus kamu minum pada waktu yang sudah kamu tentukan biar gak cepat bosan minumnya.

Setiap orang dengan perbedaan faktor seperti gender, berat badan, umur, aktivitas dan kondisi kesehatan seperti wanita hamil memiliki kebutuhan air yang berbeda di tubuhnya. Oleh karena itu, sesuaikan jumlah air yang harus kamu penuhi dengan kondisi yang kamu alami. Jangan sampai kamu kekurangan atau berlebihan ya alih-alih sehat malah kondisi tubuhmu memburuk.

Demikian artikel dari bosspacking tentang Kenali Kondisi Tubuhmu Sebelum Mengalami Dehidrasi Parah, Selain itu Kami menyediakan berbagai paket untuk pembuatan pabrik air minum dalam kemasan (amdk) dari paket yang standar sampai ke paket yang deluxe. Dengan berbagai sistem yang terintegrasi menjadi suatu produk air minum yang dapat bersaing di pasaran. kami menyediakan beberapa sistem yang terkini, antara lain: Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Mini, Paket Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) Kapasitas 2.000liter/jam, Mesin Packing Horizontal, Mesin Ozon Generator dan Mesin Oxygen Generator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *